Biden Dukung Kamala Haris Usai Nyatakan Mundur dari Pencalonan Presiden AS

By Admin


JAKARTA -- Joe Biden memberikan dukungan kepada Kamala Harris usai menyatakan mundur dari pencalonan sebagai kandidat calon presiden Amerika Serikat (AS). Kamala memuji sikap Biden sebagai bentuk patriotik.

"Dengan tindakan tanpa pamrih dan patriotik ini, Presiden Biden melakukan apa yang telah dia lakukan sepanjang masa pengabdiannya; menempatkan rakyat Amerika dan negara kita di atas segalanya," bunyi pernyataan Kamala dilansir AFP, Senin (22/7/2024).

Kamala mengaku terhormat bisa mendapatkan dukungan dari Biden. Dia bertekad bisa mengalahkan Donald Trump dalam gelaran pemilihan Presiden AS mendatang.

"Saya merasa terhormat mendapat dukungan presiden dan niat saya adalah untuk mendapatkan dan memenangkan nominasi ini. Saya akan melakukan segala daya saya untuk menyatukan Partai Demokrat dan menyatukan bangsa kita untuk mengalahkan Donald Trump," katanya.

Biden Dukung Kamala Maju Pilpres AS

Pengumuman mundurnya Joe Biden dalam pencalonan di Pilpres AS disampaikan pada Minggu (21/7) waktu Amerika. Setelah mundur dari pencalonannya, Biden kini mendukung wakil presidennya, Kamala Harris, untuk maju dalam Pilpres AS 2024.

Rekan-rekan Demokrat,saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya pada tugas saya sebagai presiden selama sisa masa jabatan saya," tulis Biden melalui akun X miliknya. 

Biden mengingat momen dirinya memilih Kamala sebagai calon wakil presiden mendampingnya saat maju dalam Pilpres AS tahun 2020. Dia menilai hal itu sebagai keputusan terbaik di hidupnya.

"Keputusan pertama saya sebagai calon partai pada tahun 2020 adalah memilih Kamala Harris sebagai wakil presiden saya. Dan itu adalah keputusan terbaik yang pernah saya buat," tulis Biden.

Dia meminta seluruh pendukungnya bersatu mendukung Kamala demi mengalahkan Donald Trump pada Pilpres AS tahun ini.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan penuh saya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini. Demokrat - inilah waktunya untuk bersatu dan mengalahkan Trump. Mari kita lakukan," kata Biden. (*)